14 Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan

14 Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan

14 Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan

14 Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan – Beberapa jenis vitamin tentunya memiliki peran penting dalam mendukung dan menjaga kesehatan tubuh. Umumnya, vitamin A & vitamin E merupakan jenis vitamin umum yang lebih banyak dikenal.

Namun tidak hanya ke-2 jenis vitamin tersebut, jenis vitamin lain seperti vitmain b kompleks ternyata juga memiliki khasiat & manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Benarkah ?

Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang mengandung delapan vitamin B. Vitamin B ini dapat ditemukan pada sumber hewan dan tumbuhan, juga dalam bentuk suplemen. Vitmain ini memainkan berbagai peran dalam tubuh dan memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan.

Apa saja fungsi vitamin B kompleks ?

Vitamin B membantu tubuh mengubah makanan menjadi glukosa, yang memberi energi bagi tubuh. Metabolisme lemak dan protein juga dibantu oleh vitamin B, serta fungsi sistem saraf yang sehat. Vitamin B1, juga dikenal sebagai tiamin, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat tubuh dalam kondisi stres. Vitamin B6, yang dikenal dengan pyroxidine, membantu tubuh membuat hormon tertentu, serta bahan kimia di otak yang disebut neurotransmiter. Ini juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Lalu, apa saja khasiat dan manfaat vitamin B komleks untuk kesehatan ?

Vitamin B kompleks mempertahankan dan memodulasi mekanisme biologis penting dalam tubuh yang akan dibahas secara singkat pada tabel di bawah ini :

Produksi energi. Vitamin B1, B7 dan B6 berperan sebagai co-factor untuk enzim metabolik yang berbeda yang terlibat dalam pembentukan energi melalui metabolisme makanan. Kekurangan moderat dari vitamin ini mempengaruhi mesin metabolisme sel yang menyebabkan kelelahan, kelemahan dan mudah tersinggung.

Sistem saraf. Vitamin B kompleks diperlukan untuk fungsi otak neurologis yang optimal dengan meningkatkan fungsi normal hormon dan neurotransmitter dalam konsolidasi memori dan fungsi mental lainnya yang lebih tinggi.

Sistem pencernaan. Vitamin B kompleks mempromosikan fungsi pencernaan tubuh dengan merangsang pelepasan asam lambung. Kekurang vitamin V1, B6 dan B7 diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan malabsorspi nutrisi makanan. Vitamin B6 dikenal karena fungsinya yang dapat meningkatkan penyerapan vitamin lainnya.

Konsentrasi dan memori. Vitamin B5 dan Vitamin B6 dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan melarutkan dan menetralkan tingkat homosistein yang lebih tinggi yang beracun bagi kesehatan otak. Kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan degenarasi gabungan sub-akut otak dan defisit fungsi otak dengan normal lainnya.

Rambut, kulit dan kuku sehat. Hampir semua vitamin B seperti B1, B2, B6, B5, B7 dan B12 diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan lapisan kulit. Kekurang vitamin V dapat menyebabkan ketombe, kulit bersisik dan kering, dermatitis, dimensia dan tanda penuaan dini. Vitamin B6 diketaui dapat diberikan untuk mengatasi psoriasis, dermatitis seboroik, jerawat dan lesi kulit lainnya.

Kehamilan sehat. Kekurangna golat ( vitamin B9 ) dikaitkan dengan resiko tinggi cacat tabung saraf, kelainan struktural atau fungsional lainnya pada bayi. Selain itu, ibu yang kekurangan kadar folat dan B12 juga dapat mengalami anemia dan cacat lainnya yang secara tidak langsung mengganggu kehamilan.

Anemia pernisiosa. Vitamin B12 dan folat diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dengan bertindak sebagai penyuplai karbon. Kekurangan vitamin B12 dan folat menyebabkan anemia pernisosa yang ditandai dengan megaloblasts dalam darah yang secara abnormal besar dan terdistorsi sel darah merah. Ketika sel berukuran besar ini diizinkan melewati pembuluh darah kecil, kerusakan mekanis pada dinding menyebabkan kerusakan sel yang lebih tinggi dan akhirnya anemia.

Penyakit kardiovaskular. Vitamin B12 bertanggung jawab untuk mengendalikan konsentrasi serum tingkat homosistein yang sangat terkait dengan penyakit jantung iskemik dan gangguan vaskular lainnya yang dapat berujung pada sekuele mengancam jiwa.

Sintesis DNA. Vitamin B12 dan folat bertindak sebagai penyuplai karbon dalam pembentukan pasangan DNA. Setiap kekurangan dari vitamin B6, B12 dan B7 dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik.

Pencegahan Kanker. Konsentrasi serum vitamin B yang tinggi dianggap protektif terhadap kanker payudara, paru–paru, kanker hati dengan menetralisir radikal bebas dan racun.

Kesehatan mental. Konsentrasi serum B- vitamin yang optimal meningkatkan kesejahteraan mental dan mengurangi risiko pengembangan depresi, kecemasan, penurunan memori, penurunan kognitif terkait usia dan penyakit lanjut usia lanjut.

Sindrom pramenstruasi. Karena peran B complex sebagai co-factor, suplementasi sangat membantu dalam mengendalikan gejala sindrom pra menstruasi, terutama vitamin B6 yang berperan penting dalam mengendalikan fluktuasi hormon.

Morning sickness. Micronutrients sangat membantu dalam menstabilkan mood dan juga hormon. Jika Anda hamil, Anda memerlukan mikronutrien tambahan untuk menstabilkan konsentrasi serum hormon dan neurotransmiter.

Batu ginjal. Pyridoxine bila dikombinasikan dengan mineral lain seperti magnesium dikenal mencegah pembentukan batu pada ginjal. Fungsi ini dicapai dengan mengendalikan dan memodulasi konsentrasi oksalat dalam urin dan mineral lainnya yang berperan dalam pembentukan batu.

Sumber :

  • http://www.med-health.net/B-Complex-Benefits.html
  • http://www.livestrong.com/article/352793-vitamin-b-complex-benefits-side-effects/

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Anda

Posted by Cara Langsing Sehat Alami

14 Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *